Seni Batu

ARTS-Kembali di awal lima puluhan, pada usia sembilan, saya memutuskan bahwa, tidak diragukan lagi, saya akan menjadi seorang seniman, meskipun saya tidak tahu persis apa artinya dan satu-satunya pelukis yang saya tahu adalah nenek saya yang manis. Dengan kikuk aku menyatakan kepastian pada ibuku suatu sore. Dia tersenyum dan mengangguk, dan melanjutkan apa pun yang dia lakukan. Saya tidak tahu bahwa keputusan akan bergema dengan polaritas antara kesedihan dan kegembiraan sepanjang hidup saya. Tapi saya tidak pernah menyesalinya. Tidak sekali dalam enam puluh empat tahun ini. Dan sejauh yang saya tahu, ini adalah kejadian umum dan sikap kebanyakan seniman.

Seni-Batu
Gambar 1. tembok batu ini sangat terlihat indah sekali
Di dunia ini, tidak mungkin untuk menghitung berapa banyak yang menganggap diri mereka sebagai pelukis, pembuat lukisan, atau pematung, mengekspresikan diri mereka dalam sejumlah medium dan 'isme,' tetapi dari populasi global lebih dari enam miliar orang, saya hanya dapat berasumsi, dengan senang hati jadi, ada banyak, dan saya percaya, sebagian besar, untuk alasan yang bagus.
Bagi artis, ini bukan hanya tentang membuat seni. Selalu ada bagian rumit yang didahulukan - pencarian, penemuan akhirnya, kemudian ketidakpastian, selalu diikuti oleh coba-coba, dan masih lebih banyak ketidakpastian. Kegigihan akhirnya masuk ke tarian. Bagi saya sendiri, dan saya curiga bagi sebagian besar seniman, kegembiraan ada di dalamnya, begitu kita membersihkan puing-puing yang membatasi keyakinan kita. Di sinilah 'kata kerjanya' tinggal, aksinya. Dan akan menyenangkan, setelah kelahiran yang rumit, jika itu saja. Namun sayangnya, untuk membayar tagihan, membeli sedikit makanan, mendapatkan lebih banyak perlengkapan seni, seniman juga harus menjual karya mereka. Itu tidak mudah, karena bagian penjualan dari proses ini rumit dan biasanya canggung. Memang benar dan selalu untuk saya.

Seni-Batu
Gambar 2. Dekor dari Batu

Pada awal tahun tujuh puluhan, saya senang ketika saya mulai memamerkan galeri. Saya membuat karya seni, dan galeri menjualnya. Bagus, pikirku. Saya hanya perlu muncul di lowongan saya setiap delapan belas bulan atau lebih. Seiring waktu saya menyaksikan nilai seni saya meningkat secara bertahap, sering bertanya-tanya apa yang mendorong harga naik, jauh melampaui kenaikan biaya hidup. Saya kira seseorang dapat menghubungkannya bukan dengan bakat tertentu, yang, seperti seni itu sendiri, sangat subyektif, melainkan rasa fokus khusus dan visi pribadi. Dan galeri yang tepat, tentu saja. Orang tidak dapat berargumen bahwa dalam beberapa kasus, galerilah yang membuat artis dan tidak sedikit galeri yang mempercayainya. Itu cukup sering terjadi, tetapi, ketika semua dikatakan dan dilakukan, itu adalah artis yang mengambil risiko terluas.
Saya pindah penuh waktu ke Thailand pada tahun 1998 untuk membuat film dokumenter tentang dan untuk gajah. Saya memutuskan untuk menghentikan asosiasi galeri saya. Setelah berada di sini beberapa tahun, negara dan kebudayaannya terasa benar. Saya memutuskan untuk tetap tinggal tetapi terus membuat karya seni. Ada di dalam darah. Tetapi hampir tidak ada pasar di daerah pedesaan terpencil ini di Thailand Utara. Jadi, sekarang, pada usia yang saya pakai senyaman mungkin, saya memutuskan untuk menghubungkan kembali karya seni saya ke tanah air. Telah begitu lama pergi, itu sedikit tantangan untuk kembali ke dunia dan pasar jauh lebih ramai dan gelisah; tentu saja, ribut.

Seni-Batu
Gambar 3. Bahan Batu
Galeri-galeri seni bata dan mortir, saya kira, masih tetap menjadi jalan yang paling layak bagi seniman untuk memperkenalkan karyanya kepada publik. Untuk sebagian besar, galeri telah berperan penting dalam mendefinisikan hubungan antara artis dan pasar ekonomi, dan saya sudah lama berpendapat bahwa tanpa galeri, terutama yang memiliki reputasi yang solid, tidak mungkin untuk membangun dan mendefinisikan positif. lintasan untuk nilai seni seseorang. Mungkin, seperti banyak hal lain, itu berubah. Kami melihat semakin banyak galeri seni online dan platform penjualan seni sekunder.
Saya berada di jalur yang stabil mencoba untuk mengikuti teknologi online baru. Internet, baik atau buruk, mengubah pemahaman kita tentang realitas. Seperti kebanyakan seniman, galeri memiliki situs web mereka sendiri, mendaftar semua artis dan gambar dari karya mereka. Tapi saya sudah lama meyakini bahwa pembeli seni harus benar-benar berdiri di depan sebuah karya seni, merasakannya bernafas, mendapatkan rasa teksturnya, bahkan menciumnya; tidak diragukan lagi itu berubah. Saya dapat dengan mudah membayangkan skenario yang tidak terlalu lama ketika pembukaan di galeri juga menyertakan streaming langsung sehingga pengunjung daring dapat berpartisipasi dalam acara tersebut serta melakukan pembelian online langsung untuk koleksi mereka. Mungkin sudah terjadi.
Teknologi tidak bisa dihindari. Dan sementara itu terus memindahkan kita ke daerah-daerah yang tidak terbayangkan hanya beberapa tahun yang lalu, seni tetap ada di dalam diri kita - detak jantung manusia yang konsisten. Itu adalah bagian dari kita, dan apakah itu visual, puisi, bercerita, tarian, musik, atau fotografi, seni tetap menjadi parameter konstan dari kebutuhan kita untuk mengekspresikan tinggi dan lebar spektrum emosi kita. Seperti sejarah, seni adalah residu dari aktivitas manusia, yang mengikat kita satu sama lain, perekat dari mereka yang datang sebelum kita untuk mereka yang hidup sekarang, dan untuk mereka yang datang setelahnya; itu adalah sidik jari niat kita, panduan, jika Anda mau, selalu mengingatkan kita bahwa kita punya pilihan.




Artikel Terkait